Tuesday, December 31, 2013

Menyambut 2014

 gambar dari sini

Tahun sebentar lagi akan berganti, masing-masing orang sudah menyiapkan agendanya sendiri-sendiri. Nah kalau saya, juga sudah ada agenda pribadi. Apa itu? Jreng... jreng... agendanya biasa saja sebenarnya. Di akhir tahun ini, saya akan membuat catatan mengenai harapan di tahun yang akan datang sekaligus pencapaian-pencapaian kecil yang alhamdulillah bisa saya lakukan di tahun ini.

Mungkin ada yang bertanya ya... Kenapa harus pas pergantian tahun masehi? Kenapa evaluasi dan pencanangan resolusinya nggak dilakukan di pergantian tahun hijriyah? Biar sekaligus bisa memaknai hijrah gituh... Hehe... :D Pengennya begitu sih ya, tapi berhubung saya masih belum terbiasa menggunakan kalender hijriayah pada kegiatan sehari-hari saya, untuk mudahnya saya pake kalender masehi dulu lah. Bukan soal perayaan tahun barunya, tapi hanya menggunakan momennya saja. Setiap resolusi yang dicanangkan harus ada time limitnya, pergantian tahun bisa jadi momen yang lebih mudah diingat sebagai batas waktu pencapaian resolusi-resolusi saya. Oiya, di sini saya mau menuliskan sekelumit aja ya... Alias mau numpang buat konsep doang. Kalo detailnya cukup saya dan Allah yang tau aja untuk saat ini, hehe :D

Nah, langsung aja yah... apa kabar 2013?
Di 2013, ada beberapa harapan yang tercapai dan ada juga yang tidak. Yang tercapai, meski tidak begitu banyak, tapi cukup membuat saya puas. Ada dua hal.

Pertama, kesempatan kuliah lagi! Yeiy... Ceritanya, tahun lalu adalah kesempatan pertama saya mendaftar dan ikut tes untuk kuliah D4 STAN, tapi ternyata gagal, Saudara-Saudara! Alhamdulillah, pada kesempatan kedua di tahun ini, saya dapat juga tiketnya. Rasanya lulus tes masuk D4 STAN itu, ruar biasa... Awalnya sempat pesimis, dengan persiapan yang sedikit tentu saja betul-betul membuat saya kehilangan pede sampai titik yang cukup rendah. Setelah melalui serangkaian perenungan panjang, satu hari menjelang tes saya berhasil mengembalikan keoptimisan pada tempatnya. Kalau Allah bilang jadi, ya jadi kan... Toh, saya bukannya tidak melakukan apa-apa. Justru usaha di tahun ini lebih keras dari yang sebelumnya. Begitu tes berakhir saya juga nggak ambil pusing. Yang penting saya yakin bahwa tidak akan menyesal apapun hasilnya. Dan... entah dari doa siapa Allah kabulkan juga harapan saya :D Kuliah D4 ini, insyaAllah menjadi salah satu jalan pembuka bagi impian-impian saya yang lain. Doakan yaaa... Maret tahun depan saya mulai kuliah insyaAllah.

Kedua, bisnis! Setelah sekian lama mempercayai bahwa saya tidak punya kemampuan untuk berbisnis, akhirnya tahun ini saya berhasil mematahkan anggapan saya sendiri. Biarpun masih kecil-kecilan, tapi lumayan lah... buat saya bisa berbisnis merupakan suatu prestasi yang membanggakan. Mulai dari jualan bros batu khas Kalimantan, baju anak, cokelat dan kacang mede aneka rasa. Sampai sekarang yang rutin berjalan hanya jualan baju anak saja karena yang lain memang musiman. Oiya, untuk jualan baju anak, saya bermitra dengan teman sekantor saya. Hasilnya kalau ada ya ada saja tiap bulannya, tapi karena modal awal kami kecil dan belum punya networking yang luas, ya hasilnya masih segitu-segitu saja :D Alhamdulillah 'ala kulli hal :)

Yang belum tercapai apa? Banyak juga sih, salah satunya harapan untuk punya dedek bayi. Tapi untuk yang satu ini saya dan suami memang kurang berikhtiar untuk program kehamilan. Setiap kali berencana ke dokter kandungan, ditunda lagi ditunda lagi, hehe :D Saya juga masih belum belajar banyak dari sekian banyak ilmu tentang parenting. Jadi ya begitulah.... Alhamdulillah 'ala kulli hal :)

Resolusi lain, hapalan Quran nambah, tapi realisasinya cuma pindah -__-"
Resolusi lainnya lagi, rajin nulis. Ini yang belum terealisasi sama sekali. Sempat ikut lomba resensi buku selama sebulan. Tapi sayangnya cuma memenuhi 5 dari 30 hari. Nggak banget deh ini...
Resolusi lainnya lagi yang lain-lain, sepertinya tidak usah disebutkan yaa...hehehe...belum tercapai sih :P

'n... 2014... here we go!

Secara umum, ada 3 hal yang saya prioritaskan dalam kehidupan saya di tahun depan.
1. Keluarga
2. Pendidikan
3. Bisnis (teteup :p)

Bisa kuliah D4 tahun depan ternyata membuka banyak jalan harapan-harapan saya untuk dapat diwujudkan, termasuk dalam 3 hal di atas.
1. Keluarga... Selama ini, saya masih merasa belum mampu menjadi seorang istri yang baik. Sering saya berpikir, mungkin karena itulah, Allah belum akan menambah amanah sekaligus karunia kepada saya, menjadi ibu. Repotnya jadi wanita bekerja, sangat berdampak kepada keseharian dan waktu yang tersisa di rumah. Setelah nanti mulai tugas belajar, waktu saya memang tetap akan banyak dilakukan untuk hal-hal di luar rumah, tetapi setidaknya waktu yang habis di jalan jauh berkurang karena saya dan suami berencana mengontrak dekat kampus. Membayangkan jadi istri -yg hampir- full time di rumah sungguh menyenangkan. Paling tidak saya bisa memasak setiap hari, melepas suami berangkat kerja sampai di pintu rumah, dan menyambut suami yang pulang dari kantor. Waaaahhhhh, senaaannggg.... Hidup sehat, mengikuti program kehamilan dari dokter, akupuntur, banyak-banyak berdoa, dan lebih banyak bersabar menjadi jalan-jalan yang akan saya tempuh untuk bisa punya dedek bayi. Di samping itu, sebagian besar porsi waktu akan saya isi dengan fokus menambah ilmu agama dan ilmu seputar parenting. Tagline-nya...
"Menjadi istri penyejuk hati, mempersiapkan diri mendidik generasi!"
2. Pendidikan (dan Keterampilan)... Tahun 2014 akan menjadi tahun yang penuh perjuangan buat saya... untuk belajar, dan belajar. Karena kuliah nanti merupakan amanah dari kantor, yang juga menentukan status impian-impian saya pada step berikutnya. Saya bercita-cita untuk menjadi dosen di suatu ketika. Tidak bisa tidak, saya harus banyak belajar. Sebisa mungkin tidak hanya dari mata kuliah-mata kuliah yang diajarkan di kampus. Di sisi lain, saya juga ingin bisa menguasai beberapa jenis keterampilan. Menjahit, menyulam, beading, patchwork & quilting, bahasa asing, banyak banget yaa... hehehe :D Dua keterampilan yang akan saya prioritaskan adalah menjahit dan ber-Bahasa Inggris. Kalau Bahasa Inggris, mungkin lebih banyak belajar pede cas-cis-cus-nya, dan sepertinya belum prioritas untuk ikut kursus kelas conversation. Menjahitnya ini... yang saya pertimbangkan untuk ikut kursus :D Beberapa waktu yang lalu saya bahkan sudah mengontak pihak penyelenggara kursus menjahit di dekat kampus untuk mengorek-ngorek info. Tapi masih ketar-ketir.... cukup ga ya tabungannya? Secara yaa... akan banyak rencana kegiatan di list saya yang ingin saya lakukan di masa-masa kuliah, hihihi.... *mumpung nih. Tapi satu hal yang insyaAllah akan terus berlanjut, ikut program tahsin-tahfidz. Doakan yaah, supaya bisa nambah hapalan Quran :) Tagline-nya....
"Bersama ilmu, bermanfaat dan berbagi sepanjang waktu!"

3. Bisnis... Kalau kita sering mendengar istilah mata duitan, mungkin ada juga istilah mata bisnisan. Bisnis itu ternyata nagih, hehehe :D Rencananya saya akan membuka bisnis baru. Masih seputar online shop juga sih. Tapi ke depannya, saya tidak hanya akan berjualan baju anak, tetapi juga barang-barang lainnya. Online shop baju anak, insyaAllah masih bermitra dengan teman sekantor saya yang juga dapat kesempatan D4 tahun 2014. Untuk barang-barang lainnya ini, rencananya proyek sendiri saja. Sebagian jualan saya (biidznillah) akan saya launching di awal tahun nanti. Apaan sih? Rahasia lah... Tunggu saja tanggal mainnya. Yang ini mohon doanya juga ya... Setahun ke depan, mengoptimalkan online shop. Setahun berikutnya lagi targetnya sudah pada rencana toko offline. Oiya, yang ini tagline-nya...
"Kreatif, berdaya dan mandiri dengan bisnis sendiri!"
Udah deh... sekian aja. Kira-kira, dari tagline-tagline yang tersebut di atas, bisa sedikit tergambar juga detail-detail target dan langkah-langkah pencapaiannya. Semoga bisa menginspirasi ya, Sobat blogger :)

Ini rencanaku, apa rencanamu? :D

No comments:

Post a Comment