Friday, August 31, 2012

Menulis. Menulis Lagi. Menulis Terus!

Sudah lama saya tidak menulis, lebih tepatnya tidak bersemangat menulis. Kalaupun menulis, paling hanya tulisan yang pendek-pendek saja. Hmmm... selama rentang waktu tidak bersemangat menulis itu, saya merasakan sebuah perbedaan yang cukup besar. Energi.

Ya, setelah lama tidak menulis rasanya tidak ada energi yang membara seperti sebelumnya. Dulu sewaktu masih rajin menulis, saya merasakan hari-hari saya begitu berenergi, begitu bersemangat, dan... yang paling penting saya tidak mudah putus asa serta tidak mudah mengeluh. Saya rasakan semangat untuk meng-explore hal-hal di sekitar saya menjadi lebih besar. Saya merasa tumbuh dan terus bertumbuh. Ah ya, jujur saya akui saya rindu berat dengan masa-masa itu. Masa-masa di mana saya menggunakan karunia Allah berupa akal pikiran dengan optimal.

Ya, saya rindu. Dan hari inilah, saya baru berani kembali menampakkan (tulisan) diri. Semoga ada di antara tulisan saya yang dapat menjadi perantara hidayah atas makhluk Allah lainnya. Semoga. Semoga. Dan semoga.

Beberapa penyebab mengapa saya malas menulis:
1). Kurang baca buku, dan terutama baca Al Quran (padahal Al Quran adalah inspirasi yang tidak pernah kering);
2). Berekspektasi terlalu tinggi terhadap diri sendiri (penjelasannya seperti ini>>aku pengen nulis tulisan yang super ah.. yang bisa begini begitu, yang isinya ini dan itu.. padahal malesnya setengah hidup -_-");
3). Terlalu merasa cukup dengan amal yang dilakukan;
4). Tidak menyediakan waktu untuk menulis, berdalih terhadap diri sendiri bahwa banyak kesibukan-kesibukan lain di luar menulis.

Dan obat yang ampuh untuk semua itu adalah..... TARAAAA..........
1). Banyak-banyak membaca dan memahami apa yang dibaca, terutama Al Quran+terjemahan, lebih baik lagi kalau tafsirnya juga :)
2). No Males! Harus rajin memaksa diri sendiri untuk rajin (nah lho?!)
3). Tidak merasa cukup untuk melakukan kebaikan. Jadi biarpun sedikit yang ditulis, yang penting membawa pesan kebaikan untuk dibagikan.
4). Menulis sekarang juga!!!

Dari Abu Hurairah radiyallahu 'anhu, Rasulullah sholallahu 'alaihi wassalam bersabda:
"Bersegeralah kalian beramal saleh sebelum kedatangan fitnah (ujian) yang seperti potongan malam. Seseorang di pagi hari dalam keadaan beriman (mukmin) namun di sore harinya menjadi kafir; dan ada orang yang di sore hari dalam keadaan beriman namun di pagi hari menjadi kafir. Dia menjual agamanya dengan perhiasan dunia." (HR. Muslim no.309)


Lalu mengapa (saya) tidak harus bersegera? Agar tak ada post power syndrome atas diri ini, melainkan agar Allah terus menjaga diri ini dalam nikmatnya iman... InsyaAllah.






*gambar dari sini (ada artikel tentang yuk menulisnya juga lho...dan yang dibilang di situ bener banget!)

No comments:

Post a Comment